Tautan-tautan Akses

Mousavi Tantang Pemimpin Besar Iran


Mousavi menuduh pemerintah Iran bergerak dari pemerintahan ulama menuju pemerintahan diktator yang dipimpin sebuah kultus.

<!-- IMAGE -->

Pemimpin oposisi Iran Mir Hossein Mousavi menantang Pemimpin Besar Ayatollah Ali Khamenei agar mengijinkan demonstrasi anti-pemerintah.

Mantan perdana menteri itu membuat permintaan tsb di situs Internetnya Rabu lalu, dua hari setelah pemimpin besar Iran menyatakan bahwa para pemimpin oposisi tidak lagi menjadi bagian sistem pemerintahan Islam di sana.

Dalam pernyataannya, Mousavi menuduh pemerintah Iran bergerak dari pemerintahan ulama menuju pemerintahan diktator yang dipimpin sebuah kultus.

Ia juga mengecam tindakan keras pemerintah terhadap para aktivis oposisi dalam demonstrasi tanggal 11 Februari untuk memperingati Revolusi Islam tahun 1979. Ia mengatakan demonstrasi besar-besaran dukungan pemerintah di Teheran hari itu sebenarnya "diatur".

Pernyataan keras Mousavi segera mengundang dukungan di Internet.

Kamis lalu, Ayatollah Khamenei mengatakan pihak oposisi sudah kehilangan hak mereka menjadi bagian dari sistem politik karena menolak menerima pemilihan kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad bulan Juni lalu. Oposisi mengatakan Ahmadinejad curang dalam pemilu tsb.

XS
SM
MD
LG