Tautan-tautan Akses

Tiongkok Ajukan Protes Resmi Mengenai Pertemuan Obama-Dalai Lama


<!-- IMAGE -->

Para pejabat di Beijing telah memanggil Dutabesar Amerika Serikat di Tiongkok untuk memrotes pertemuan Presiden Barack Obama hari Kamis dengan Dalai Lama, pemimpin kerohanian Tibet di pengasingan.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan Wakil Menteri Luar Negeri Cui Tiankai memanggil Dutabesar Jon Huntsman untuk mengajukan apa yang disebut kementerian itu “protes yang sungguh-sungguh” mengenai pertemuan Obama.

Beberapa jam setelah pembicaraan antara kedua pemenang hadiah Nobel Perdamaian itu berakhir di Washington, seorang jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengeluarkan pernyataan yang mengatakan pertemuan itu melanggar komitmen yang disampaikan berulangkali oleh pemerintah Amerika Serikat untuk mengakui Tibet sebagai bagian Tiongkok, dan tidak mendukung kemerdekaan Tibet.

Dalam pertemuan itu, Presiden Obama mengatakan kepada Dalai Lama dia dengan kuat mendukung pelestarian identitas keagamaan, budaya dan bahasa Tibet yang unik, serta perlindungan HAM bagi warga Tibet di Tiongkok.

Pernyataan dari Gedung Putih mengatakan presiden memuji komitmen Dalai Lama pada non-kekerasan serta upayanya berdialog dengan pemerintah Tiongkok. Dikatakan Obama dan Dalai Lama juga sepakat mengenai pentingnya hubungan Amerika-Tiongkok yang “positif dan kooperatif.”

XS
SM
MD
LG