Tautan-tautan Akses

Obama Beritahu Dalai Lama Soal Dukungannya Bagi Identitas Tibet


<!-- IMAGE -->

Presiden Amerika Barack Obama telah memberitahu Dalai Lama tentang dukungannya yang kuat bagi pelestarian identitas keagamaan, budaya dan bahasa yang unik di Tibet, serta perlindungan HAM bagi warga Tibet di Tiongkok.

Presiden Obama hari Kamis bertemu dengan Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet di pengasingan di Gedung Putih, meskipun ada protes keras dari Tiongkok.

Pernyataan dari Gedung Putih mengatakan presiden memuji komitmen Dalai Lama pada non-kekerasan serta upayanya berdialog dengan pemerintah Tiongkok. Dikatakan Obama dan Dalai Lama juga sepakat mengenai pentingnya hubungan Amerika-Tiongkok yang "positif dan kooperatif."

Ketika berbicara kepada para wartawan setelah pertemuan itu, Dalai Lama mengatakan ia "sangat gembira" dan merupakan kehormatan besar bertemu Presiden Obama. Menurutnya, dia dan Obama berbicara mengenai penggalakan keharmonisan keagamaan dan nilai-nilai kemanusiaan, serta peningkatan peran perempuan dalam kepemimpinan.

Pertemuan tersebut telah mengundang komentar bernada marah dari Tiongkok yang menyatakan pihaknya "menentang keras" pertemuan itu. Pekan lalu Tiongkok menyerukan kepada Amerika agar "segera membatalkan"undangan tersebut.




XS
SM
MD
LG