Tautan-tautan Akses

Senator AS Yakin AS-Jepang Capai Solusi Pangkalan Okinawa


<!-- IMAGE -->

Senator Amerika Jim Webb kepada pejabat-pejabat Jepang mengatakan ia berharap kedua negara mencapai keputusan yang memuaskan tentang pemindahan pangkalan marinir Amerika dari Pulau Okinawa di Jepang.

Webb mendiskusikan masalah itu hari Senin di Tokyo dengan Menteri Luar Negeri Jepang Katsuya Okada. Senator yang berpengaruh itu kepada Okada mengatakan aliansi Amerika dan Jepang sedemikian kuat hingga bisa menyelesaikan masalah-masalah tertentu.

Pemerintah Jepang mengkaji ulang perjanjian Amerika dan Jepang tahun 2006 tentang pemindahan pangkalan udara Amerika Futenma, Okinawa ke Nago, wilayah yang tidak padat penduduk. Banyak penduduk Okinawa yang mengeluhkan suara-suara gaduh dari pangkalan militer itu dan minta pangkalan tersebut dipindahkan keluar Okinawa.

Amerika minta Jepang mentaati perjanjian tahun 2006 itu, yang telah dirundingkan oleh pemerintahan Jepang sebelumnya. Perdana Menteri Jepang yang sekarang, Yukio Hatoyama sedang mempertimbangkan Nago sebagai lokasi baru pangkalan udara Futenma.


XS
SM
MD
LG