Tautan-tautan Akses

Haiti Berkabung bagi Korban Gempa


<!-- IMAGE -->

Ribuan warga Haiti hari Jumat menghadiri upacara misa, memperingati satu bulan terjadinya gempa dahsyat yang meratakan sebagian besar kota Port-au-Prince dan menewaskan lebih 200 ribu orang.

Hari Jumat, warga memenuhi jalan-jalan ibukota dekat istana presiden yang rusak untuk misa mengenang para korban gempa berkekuatan 7,0 pada skala Richter.

Hadirin berdoa, menangis dan bernyanyi. Upacara juga diadakan di lokasi-lokasi lain di seluruh kota. Pemerintah Haiti menyatakan hari Jumat sebagai hari berkabung nasional bagi mereka yang tewas dalam bencana itu.

Setidaknya satu juta orang kehilangan tempat tinggal akibat gempa 12 Januari.

Operasi bantuan internasional besar-besaran kini berlangsung di Haiti. Negara miskin di Karibia itu sedang berupaya untuk pulih dari badai tropis yang mengikis habis 15 persen economic output negara itu pada tahun 2008. Hujan lebat mengguyur Haiti pekan ini, menimbulkan kekhawatiran akan banjir dan penyebaran penyakit.

<!-- IMAGE -->

Sementara itu, Ketua Kongres Amerika Nancy Pelosi memimpin delegasi kongres dari kedua partai, Republik dan Demokrat, ke Haiti untuk mencermati situasi di sana, satu bulan setelah gempa dahsyat meluluhlantakkan negara itu.

Dalam pernyataan hari Jumat, Pelosi mengatakan delegasi terdiri atas lima senator dan tujuh anggota DPR akan mengamati upaya rekonstruksi yang sedang berlangsung di Haiti sebelum Kongres mempertimbangkan bantuan jangka panjang bagi negara itu. Delegasi itu dijadwalkan kembali ke Amerika Jumat malam.

Kunjungan delegasi itu dilakukan sehari sebelum kepala badan pembangunan internasional Amerika (USAID), Rajiv Syah, dan panglima Komando Selatan Amerika, Jenderal Douglas Fraser, datang ke Haiti. Mereka akan menilai proses pemulihan sebelum konferensi para donor internasional bagi Haiti bulan depan di PBB.

Rajiv Shah hari Jumat memberitahu para wartawan hingga saat ini, badan-badan pemerintah Amerika telah memberikan bantuan bernilai 450 juta dolar bagi Haiti. Ia juga mengatakan lebih dari 50 persen penduduk Amerika telah memberi sumbangan pribadi bagi upaya membantu Haiti.


XS
SM
MD
LG