Tautan-tautan Akses

Obama Akan Bertemu Dalai Lama di Gedung Putih 18 Februari


<!-- IMAGE -->

Presiden Barack Obama akan bertemu dengan pemimpin spiritual Tibet di pengasingan Dalai Lama di Gedung Putih pada tanggal 18 Februari, meskipun ada keberatan dari Tiongkok.

Gedung Putih mengumumkan tanggal pertemuan Obama-Dalai Lama itu hari Kamis setelah sebelumnya mengukuhkan keduanya akan bertemu bulan ini.

Tiongkok telah "menentang keras" setiap pembicaraan antara pemimpin Amerika dan Dalai Lama, yang disebutnya sebagai separatis yang mengupayakan kemerdekaan Tibet. Pemimpin spiritual di pengasingan itu mengatakan dia hanya menginginkan otonomi lebih besar bagi Tibet yang berada dalam kedaulatan Tiongkok.

Dalai Lama terakhir kali mengunjungi Amerika bulan Oktober lalu, tetapi Obama memutuskan untuk tidak menemuinya sampai setelah ia mengadakan lawatan ke Tiongkok bulan November.

Perselisihan mengenai pertemuan Obama dengan Dalai Lama telah menegangkan hubungan Amerika-Tiongkok dalam beberapa pekan terakhir. Kedua negara juga terlibat dalam sengketa perdagangan dan rencana penjualan senjata Amerika ke Taiwan.


XS
SM
MD
LG