Tautan-tautan Akses

Bom Tewaskan 40 Orang di Karbala


<!-- IMAGE -->

Pejabat-pejabat Irak mengatakan dua ledakan bom yang menarget para peziarah Syiah menewaskan setidaknya 40 orang dan melukai 145 orang di pinggiran kota suci Karbala.

Bom-bom itu meledak hari Jumat ketika ratusan ribu peziarah Syiah berkumpul di Karbala, selatan Baghdad, guna memperingati hari suci Arbain, menandai 40 hari meninggalnya ulama Syiah pada abad ke 7, Imam Hussein, yang juga cucu Nabi Muhammad.

Rincian insiden belum jelas. Beberapa pejabat menyatakan setidaknya salah satu dari ledakan itu disebabkan tembakan mortir.

Serangan hari Jumat itu merupakan yang ketiga pekan ini terhadap peziarah Syiah, yang sering menjadi sasaran pemberontak Sunni.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengutuk kekerasan itu. Dalam satu pernyataan, ia mengatakan kekerasan itu menunjukkan "sinisme dan tindakan tidak bermoral para teroris."

Kerusuhan itu juga menggarisbawahi ketegangan politik lantaran berbagai upaya untuk melarang sekelompok politisi berpartisipasi dalam pemilihan anggota parlemen mendatang.

Sebagian politisi Sunni menuduh pemerintah Irak pimpinan Syiah melarang politisi Sunni ikut pemilu karena kaum Syiah ingin mengonsolidasikan kekuasaan.


XS
SM
MD
LG