Tautan-tautan Akses

AS Prihatin Atas Penangkapan 100 Aktivis Oposisi Rusia


<!-- IMAGE -->

Pemerintah Amerika menyatakan prihatin oleh laporan bahwa polisi Moskow telah menangkap paling sedikit 100 aktivis oposisi ketika melakukan demonstransi damai hari Minggu.

Departemen Luar Negeri Amerika menyebut penangkapan dan tuduhan perlakuan kejam polisi terhadap sebagian demonstran itu satu lagi pukulan terhadap kebebasan berbicara dan berkumpul, yang disebutnya hak-hak dasar yang patut dilindungi.

Uni Eropa juga mengutuk penangkapan itu.

Ketua parlemen Eropa Jerzy Buzek meminta kepada pihak berwenang Rusia agar menghentikan apa yang disebutnya perlakukan keras terhadap demonstran yang damai itu.

Di antara orang yang ditangkap hari Minggu adalah pimpinan organisasi ham Memorial, Oleg Orlov, dan pimpinan satu lagi organisasi ham terkemuka "For Human Rights," Lev Ponomarev. Mereka berusaha berkumpul di tengah kota Moskow hari Minggu tanpa izin pihak berwajib.

Presiden Rusia Dmitri Medvedev telah memberitahu para aktivis oposisi bahwa negara itu membutuhkan jaminan hukum yang lebih kuat untuk melindungi hak warga berdemonstrasi, tetapi ia belum mengambil langkah yang nyata ke arah perubahan kebijakan Rusia.


XS
SM
MD
LG