Tautan-tautan Akses

Penjualan Senjata AS ke Taiwan Bahayakan Keamanan Nasional Tiongkok


<!-- IMAGE -->

Menteri Luar Negeri Tiongkok mengatakan, rencana Amerika untuk menjual senjata ke Taiwan membahayakan keamanan nasional Taiwan dan berbagai upaya penyatuan yang ada. Dalam pernyataan yang diberitakan Ahad ini, Menteri Luar Negeri Yang Jiechi mengatakan di Cyprus Sabtu kemarin, bahwa Tiongkok tegas menolak tindakan tersebut, yang menurutnya bertentangan dengan komitmen Amerika untuk mendukung pertumbuhan yang damai di selat tersebut.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika PJ Crowley Sabtu kemarin mengutarakan, kebijakan Amerika terhadap Taiwan mempengaruhi stabilitas dan keamanan di kawasan itu. Jum'at lalu, Amerika mengumumkan akan menjual peralatan senjata senilai 6.4 milyar dollar kepada Taiwan. Departemen Luar Negeri Tiongkok mengatakan, penjualan itu akan merusak kerjasama Tiongkok dan Amerika. Sabtu kemarin, Tiongkok menangguhkan pertukaran militer dan negosiasi keamanan dengan Amerika.

Tiongkok juga mengancam mengenakan sanksi terhadap berbagai perusahaan Amerika yang menjual senjata ke Taiwan. Di Taiwan, Presiden Ma Ying-jeou mengatakan persetujuan jual-beli senjata itu akan meningkatkan pertahanan dan keamanan mereka, sementara menjalin hubungan ekonomi lebih erat dengan daratan Tiongkok.

XS
SM
MD
LG