Tautan-tautan Akses

US Tangguhkan Penerbangan Evakuasi Kesehatan dari Haiti


<!-- IMAGE -->

Militer Amerika menangguhkan sementara penerbangan evakuasi kesehatan dari Haiti yang hancur akibat gempa, karena sengketa mengenai siapa yang akan membayar perawatan kesehatan pasien di Amerika. Dokter Barth Green dari AS, yang terlibat dalam upaya penyelamatan di Port-au-Prince Sabtu kemarin, memperkirakan, hal ini dapat menyebabkan kematian sampai 100 pasien dalam beberapa hari.

Menurutnya, para pasien harus diterbangkan ke rumah sakit yang lebih baik. Militer Amerika mengatakan mereka menghentikan penerbangan Rabu lalu setelah beberapa negara bagian Amerika menyuarakan keprihatinan mengenai siapa yang akan membayar perawatan pasien. Para pejabat Organisasi Kesehatan Sedunia, WHO, mengatakan mereka akan memulai kampanye imunisasi untuk melindungi anak-anak yang tinggal di kamp-kamp sesak, agar terhindar dari penyakit menular.

Jurubicara WHO, Paul Garwood mengemukakan: Distribusi air minum bersih dilakukan seluas mungkin untuk memastikan standar sanitasi yang tinggi, sebagai pencegahan dini akan kemungkinan merebaknya penyakit."

Para korban yang selamat di Haiti beresiko terkena diare, kolera dan penyakit akibat air lainnya, karena sanitasi buruk dan air yang tercemar.


XS
SM
MD
LG