Tautan-tautan Akses

Tiongkok Cela Kecaman AS Mengenai Pembatasan Penggunaan Internet


<!-- IMAGE -->

Tiongkok mencela kecaman oleh Amerika Serikat atas pembatasan Beijing terhadap penggunaan Internet, dengan memperingatkan bahwa itu dapat merugikan hubungan antara kedua negara.

Pernyataan yang dimuat hari Jumat di situs Internet Kementerian Luar Negeri mengatakan Washington sedang menggunakan yang disebut konsep kebebasan Internet untuk membuat tuduhan-tuduhan tak berdasar terhadap Beijing.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton menyampaikan pidato penting mengenai kebebasan Internet hari Kamis, menyerukan kepada Tiongkok dan pemerintah-pemerintah otoriter lainnya agar mencabut pembatasan terhadap akses warga ke Internet.

Clinton mengatakan pembatasan demikian melanggar hak dasar orang untuk mengekspresikan diri mereka tanpa rasa takut akan dihukum pemerintah.

Pernyataan Clinton itu dikeluarkan ditengah-tengah perselisihan antara Tiongkok dan Google. Raksasa Internet yang berbasis di Amerika itu mengancam akan keluar dari Tiongkok disebabkan keprihatinan penyensoran dan serangan cyber terhadap beberapa akun emailnya, termasuk akun email yang digunakan para aktivis hak azasi Tiongkok.


XS
SM
MD
LG