Tautan-tautan Akses

AS Hentikan Deportasi Imigran Gelap Haiti


Pemerintah Amerika telah memberi status imigran khusus bagi warga Haiti yang tinggal secara gelap di Amerika Serikat, dan melindungi mereka dari deportasi selama 18 bulan dan mengizinkan mereka bekerja.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Janet Napolitano hari Jumat memberi "status dilindungi sementara" kepada para warga Haiti yang sudah berada di Amerika sebelum gempa-bumi dahsyat melanda negara mereka12 Januari baru lalu.

Napolitano menyebut keputusan itu sebagai sikap simpati bagi imigran Haiti yang keselamatan mereka akan terancam kalau mereka pulang. Mereka sekarang dapat terus mengirim uang kepada keluarga mereka di sana.

Para pejabat pemerintah Amerika mengatakan status khusus itu akan berlaku bagi kira-kira 100 ribu hingga 200 ribu orang Haiti yang diyakini tinggal di Amerika Serikat secara gelap, termasuk kira-kira 30 ribu orang yang sudah diperintahkan untuk dideportasi.

Haiti sekarang termasuk bersama El Salvador, Honduras, Nicaragua, dan Sudan sebagai negara-negara yang warga mereka mempunyai status apa yang disebut "TPS" di Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG