Tautan-tautan Akses

Bill Clinton: Gempa di Haiti Merupakan Kondisi Darurat Kemanusiaan Terbesar dalam Sejarah AS


Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, yang juga utusan khusus PBB untuk Haiti, menyatakan gempa bumi yang melanda negara pulau tersebut merupakan salah satu kondisi darurat kemanusiaan terbesar dalam sejarah Amerika.

Clinton, dalam tulisan di harian The Washington Post, menyatakan, kebutuhan mendesak Haiti adalah bahan makanan, air, tempat-tempat berlindung dan pasokan medis dasar.

Namun setelah kondisi darurat ini berlalu, lanjut Clinton, tugas tim pemulihan dan rekonstruksi masih berlanjut. Ia mengatakan, rencana pembangunan jangka panjang di Haiti oleh pemerintah Haiti, negara-negara tetangganya dan badan-badan internasional tidak dapat dihentikan.

Sementara itu, Presiden Amerika Barack Obama menjanjikan dukungan penuh Amerika dalam menyelamatkan warga dan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk negara di Karibia itu. Hari Rabu, Obama mengirim tim-tim tanggap darurat Amerika ke Haiti.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton dan Menteri Pertahanan Robert Gates membatalkan lawatan mereka ke kawasan Asia Pasifik untuk membantu mengawasi upaya-upaya bantuan kemanusiaan bagi Haiti dari Washington.


XS
SM
MD
LG