Tautan-tautan Akses

The New York Times: Pembom CIA Merupakan Informan untuk CIA yang Terbaik


Sebuah laporan di Amerika mengatakan agen ganda Jordania yang menewaskan tujuh anggota CIA dan seorang petugas intelijen Jordania di Afghanistan minggu lalu, merupakan "informan paling baik" yang dimiliki CIA dan ia memberi informasi tentang keberadaan para pemimpin teras al-Qaida.

The New York Times mengutip pejabat intelijen senior Amerika yang tidak mau disebut namanya, mengatakan agen-agen CIA begitu tinggi harapan nya terhadap kemampuan informan ini untuk menyelusup ke lingkungan dalam Al-Qaida. Akibatnya, agen-agen CIA ini melaporkan kepada pejabat teras Amerika tentang rencana pertemuan ini dan kemudian, pada pertemuan tersebut terjadilah peledakan bom itu.

Pejabat intelijen dikutip The New York Times sebagai mengatakan, selama beberapa bulan militan ini memberi supervisor Jordania informasi yang bisa di verifikasi tentang anggota eselon rendah al-Qaida.

Tetapi pejabat mengatakan minggu lalu, pertemuan di pangkalan Amerika di provinsi Khost, merupakan pertama kalinya informan ini bertemu langsung dengan petugas CIA.

Pejabat CIA mengatakan mereka meneruskan penyelidikan bagaimana ia bisa menyelundupkan sebuah rompi berisi bom ke pertemuan itu dan melaksanakan serangan paling maut terhadap badan intelijen Amerika itu.


XS
SM
MD
LG