Tautan-tautan Akses

Pembom Bunuh Diri di Pangkalan AS di Afghanistan Agen Ganda Al-Qaida


Media Amerika mengatakan pembom bunuh diri yang menyerang pangkalan CIA di Afghanistan timur pekan lalu adalah warga Yordania yang bekerja sebagai agen ganda al-Qaida.

Menurut laporan , para pejabat dan bekas pejabat intelijen Barat menyebut nama pembom bunuh diri itu Humam Khalil Abu-Mulal al-Balawi, simpatisan al-Qaida yang berusia 36 tahun dari Zarqa, Yordania.

NBC News Amerika mengatakan pihak berwenang Yordania menangkap al-Balawi lebih setahun lalu dan kemudian merekrutnya untuk menyusup ke dalam al-Qaida, dengan keyakinan bahwa dia sudah berhasil disadarkan untuk mendukung usaha Amerika dan Yordania melawan al-Qaida. CIA tidak mau menanggapi laporan NBC itu.

Pemboman Rabu lalu di pangkalan CIA di propinsi Khost, Afghanistan, menewaskan tujuh petugas CIA dan seorang petugas intelijen Yordania. Kepala intelijen militer Amerika di Afghanistan mengecam dinas intelijen Amerika yang beroperasi di sana, dengan mengatakan, mereka "tidak memperdulikan" rakyat Afghanistan.

Jenderal Michael Flynn mengatakan, usaha intelijen Amerika terlalu memusatkan pada usaha mengumpulkan informasi mengenai berbagai kelompok pemberontak di Afghanistan.



XS
SM
MD
LG