Tautan-tautan Akses

Perancis Tolak Batas Waktu Nuklir Iran


Perancis menolak usaha paling baru Iran untuk menentukan syarat-syarat perjanjian bahan bakar nuklir dengan negara-negara kuat dunia.

Menteri Luar Negeri Perancis Bernard Kouchner hari Senin kepada radio Perancis mengatakan dunia internasional tidak akan menerima ultimatum yang diberikan Iran tentang program nuklirnya. Ia mengatakan perundingan dengan Iran masih bisa diteruskan, namun bukan mengenai pengembangan proyek nuklirnya.

Iran mengesampingkan tenggat waktu 31 Desember untuk menerima kesepakatan yang didukung PBB mengenai pengayaan uranium Iran di luar negeri untuk digunakan dalam reaktor penelitiannya.

Iran hari Sabtu mengumumkan negara-negara Barat diberi waktu satu bulan untuk menerima usulannya dan jika menolak, Iran akan mulai memperkaya uraniumnya sendiri. Iran mengusulkan akan membeli uranium dari Barat atau menukar uranium miliknya dengan bahan bakar nuklir dalam paket-paket pertukaran yang lebih kecil.

Jurubicara Dewan Keamanan Nasional Amerika, Mike Hammer mengatakan Iran "menghalangi dirinya sendiri " dengan mengumumkan batas waktu tersebut.



XS
SM
MD
LG