Tautan-tautan Akses

Mantan PM Inggris Kritik Alasan Penyerbuan Ke Irak


Mantan Perdana Menteri Inggris John Major mengritik tujuan penggantinya untuk berperang ke Irak tahun 2003. Dalam wawancaranya dengan BBC Sabtu kemarin, John Major mengatakan, penyelidikan keterlibatan Inggris dalam penyerbuan itu tampaknya menunjukkan bahwa lebih mengarah pada perubahan rezim daripada menemukan senjata pemusnah masal.

John Major mengatakan, saat itu ia mendukung perang Irak dengan berat hati, karena ia mempercayai Perdana Menteri Tony Blair yang mengutarakan bahwa diktator Irak Saddam Hussein memiliki senjata semacam itu. Ternyata, senjata pemusnah masal tidak pernah ditemukan di Irak.

Major menambahkan: "Argumen bahwa Saddam Hussein adalah tokoh yang jahat, oleh karena itu harus disingkirkan, tidak memadai. Ada banyak pemimpin yang jahat di dunia, tetapi kita tidak menumbangkan mereka. Dan, sesungguhnya, pada tahun-tahun sebelumnya, kita telah mendukung Saddam dalam perang terhadap

Iran. Jadi, bahwasanya Saddam Hussein adalah tokoh jahat, merupakan alasan yang tidak dapat diterima untuk melancarkan perang dan mengubah rezim."

Demikian ujar mantan PM John Major. Akan tetapi, ketika ditanya apakah ia berpandangan bahwa Tony Blair sengaja menyesatkan negaranya, John Major mengatakan hal itu terserah kepada orang-orang lain untuk menilainya.


XS
SM
MD
LG