Tautan-tautan Akses

Obama Kaitkan Upaya Serangan Teroris pada Hari Natal dengan al-Qaida


Presiden Amerika Barack Obama, untuk pertama kalinya, secara terbuka mengaitkan tersangka yang berusaha meledakkan pesawat penumpang yang terbang ke Amerika Serikat pada Hari Natal dengan al-Qaida.

Dalam pidato mingguannya yang dirilis Sabtu pagi, Obama mengatakan tampaknya sebuah cabang al-Qaida di Yaman melatih tersangka,"memperlengkapinya dengan bahan peledak, dan memerintahkannya menyerang" pesawat " yang terbang menuju Amerika."

Obama mengatakan kelompok itu telah menyerang sasaran Amerika sebelumnya, termasuk membunuh seorang warga Amerika di Kedutaan Besar Amerika di Yaman tahun 2008. Dia mengatakan pemerintah Amerika sedang memperkuat kerjasama dengan Yaman "untuk menyerang teroris al-Qaida."

Presiden Obama, yang telah dikecam oleh golongan Republik karena tidak mengambil tindakan cukup keras terhadap kaum militan dan teroris, membela usaha pemerintahannya untuk mengakhiri perang di Irak dan meningkatkan jumlah tentara di Afghanistan. Dia mengatakan tindakan-tindakan itu adalah bagian dari starteginya untuk mengacaukan, membongkar, dan mengalahkan al-Qaida dan kaum ekstremis sekutu-sekutunya.


XS
SM
MD
LG