Tautan-tautan Akses

Taliban Akui Lakukan Pemboman di Pangkalan AS di Afghanistan Timur


Taliban hari Kamis mengklaim bertanggung-jawab atas pengeboman yang menewaskan delapan warga Amerika, termasuk tujuh agen CIA, di dalam sebuah pangkalan Amerika di Afghanistan timur, dan juga empat tentara Kanada dan seorang wartawan di Afghanistan selatan.

Taliban mengatakan serangan di propinsi Khost, Afghanistan timur, hari Rabu dilakukan oleh seorang lelaki yang berpakaian seragam militer Afghanistan, yang meledakkan bom rompinya dekat gedung olah raga di pangkalan itu. Tidak jelas bagaimana pengebom itu dapat masuk ke pangkalan itu.

Dinas Intelijen Amerika(CIA) kemudian mengukuhkan bahwa serangan itu menewaskan tujuh orang karyawannya dan mencederai enam lainnya, tetapi tidak memberikan rincian lain. Warga Amerika kedelapan yang tewas dalam serangan itu bekerja di Departemen Luar Negeri.

Presiden Amerika Barack Obama menyampaikan ucapan belasungkawanya kepada CIA hari Kamis. Dalam surat kepada karyawan CIA, Obama mengatakan tujuh warga Amerika mengorbankan jiwa mereka dalam pengabdian kepada negara mereka. Dia memuji kerja yang sangat baik dinas intelijen itu, dengan mengatakan bahwa, karena kerja yang dilakukan dinas itu, rencana-rencana serangan berhasil dikacaukan, nyawa warga Amerika diselamatkan dan sekutu-sekutu dan mitra-mitra Amerika lebih aman.

XS
SM
MD
LG