Tautan-tautan Akses

Dunia Ucapkan Selamat Tinggal Tahun 2009


Permainan kembang api yang meriah menerangi langit di atas jembatan Sydney Harbour di Australia Kamis tengah malam waktu setempat, disaksikan lebih dari satu juta orang yang bersuka ria menyambut Tahun Baru.

Kawasan Asia Pasifik menjadi yang pertama di dunia mengucapkan selamat tinggal tahun 2009, tahun yang ditandai dengan perang, terorisme, bencana alam dan gejolak ekonomi.

Di Hong Kong, ratusan ribu orang berkerumun sepanjang pelabuhan Victoria untuk melihat pertunjukan kembang api yang memukau.

Tiongkok akan merayakan awal tahun 2010 pada bulan Februari karena menggunakan kalender yang berbeda, tetapi Presiden Hu Jintao masih menandai perayaan tersebut dengan berpidato di televisi menggambarkan prestasi yang sudah dicapai tahun lalu.

Ancaman terorisme menyuramkan suasana di Indonesia, di mana kedutaan-kedutaan barat memperingatkan kemungkinan serangan di Bali.

Keamanan juga ketat di Paris, London dan New York, di mana khalayak bersuka ria merayakan datangnya tahun baru dengan konfeti warna-warni, musik dan permainan kembang api.


XS
SM
MD
LG