Tautan-tautan Akses

Mesir Izinkan 100 Aktivis Masuki Gaza untuk Lakukan Pawai Solidaritas


Para aktivis internasional pro Palestina mengatakan Mesir setuju untuk mengizinkan 100 orang diantara mereka berpawai ke Jalur Gaza untuk memperlihatkan rasa solidaritas dengan warga Palestina yang diblokade.

Para pemimpin Gaza Freedom March sebelumnya menekan Mesir agar membuka perbatasannya dengan Gaza untuk kira-kira 1300 aktivis internasional dari 42 negara yang berkumpul di Mesir untuk menghadiri peristiwa itu.

Mesir mulanya menolak mengizinkan para aktivis memasuki Gaza, dengan alasan keamanan. Tetapi, Mesir setuju hari Selasa untuk mengizinkan sekelompok kecil aktivis menyeberangi perbatasan itu setelah ratusan aktivis melakukan demonstrasi dan mogok makan di Kairo, Mesir.

Mesir dan Israel menutup perbatasan mereka dengan Gaza sejak kaum militan Hamas merebut kekuasaan di wilayah itu tahun 2007.

Para pemimpin Gaza Freedom March mengatakan pawai itu akan dilakukan hari Kamis. Pawai itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran internasional tentang keadaan buruk yang dialami 1,5 juta rakyat Gaza, setahun setelah Israel melancarkan ofensif besar terhadap penguasa Hamas di wilayah itu.

XS
SM
MD
LG