Tautan-tautan Akses

Afghanistan Tuduh Serangan Udara International Tewaskan 10 Warga Sipil


Pejabat-pejabat di propinsi Kunar, Afghanistan Timur mengatakan serangan udara yang dilancarkan pasukan internasional menewaskan 10 orang, kebanyakan anak-anak.

Presiden Hamid Karzai mengutuk serangan tersebut dalam sebuah pernyataan hari Senin dan berjanji akan menyelidiki insiden tersebut. NATO dan pejabat-pejabat Amerika belum mengeluarkan pernyataan resmi. Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan serangan itu terjadi hari Sabtu di sebuah kawasan yang terpencil.

Tewasnya warga sipil akibat serangan koalisi adalah isu yang banyak diperdebatkan di Afghanistan. Para komandan Amerika menyatakan melindungi warga sipil adalah prioritas utama strategi baru perang pimpinan Amerika menumpas Taliban.

Sementara itu, polisi Afghanistan mengatakan militan Taliban menyerang pos keamanan di propinsi Badghdis, Afghanistan Barat Laut hari Minggu, menewaskan dua polisi.

Tiga polisi lainnya dilaporkan hilang sesudah serangan tersebut. Pasukan gabungan Afghanistan dan internasional sedang melakukan pencarian.



XS
SM
MD
LG