Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad: Klaim Amerika bahwa Iran Sedang Membuat Senjata Nuklir Seperti ‘Seri Televisi’


Presiden Iran mentertawakan tuduhan yang berulangkali dilontarkan oleh Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya bahwa Teheran sedang berusaha membuat senjata nuklir, dengan mengatakan klaim seperti itu telah berubah menjadi sebuah "seri televisi."

Mahmoud Ahmadinejad mengatakan demikian dalam wawancara dengan jaringan televisi Inggris Channel 4 yang ditayangkan hari Rabu. Dia menanggapi tuduhan oleh negara-negara Barat bahwa Iran sedang membuat senjata nuklir di balik kedok program energi sipil – tuduhan yang dibantah Teheran.

Ahmadinejad mengatakan pembicaraan mengenai program nuklir Iran merupakan "isu yang usang." Dia mengulangi penolakannya terhadap tuntutan Amerika agar dia menerima perjanjian nuklir yang dirancang PBB sebelum akhir tahun ini, dengan menyebut batas waktu itu "tidak bermakna."

Perjanjian itu akan mengharuskan Iran mengirimkan sebagian besar uranium kadar rendahnya ke luar Iran untuk diolah lebih jauh dan akhirnya digunakan di reaktor medis Iran.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan dia mungkin akan mengusahakan sanksi baru terhadap Iran melalui Dewan Keamanan PBB jika Teheran melampaui batas waktu tersebut.

XS
SM
MD
LG