Tautan-tautan Akses

Israel dan Hamas Rundingkan Pertukaran Tawanan



Seorang pejabat Israel mengatakan, pemerintah bekerja giat untuk mencapai persetujuan pertukaran narapidana dengan Hamas dalam upaya membebaskan tentara Israel yang ditawan Hamas, namun menegaskan bahwa ada batas-batas untuk itu.

Menteri Pertahanan Ehud Barak mengatakan hari Selasa, mengupayakan pembebasan Gilad Shalit adalah prioritas namun tidak dapat dilakukan dengan semboyan 'tidak soal apapun tebusannya'.

PM Benjamin Netanyahu bertemu dengan keluarga para korban serangan Palestina dan mengatakan, ia ingin membebaskan para sandera, namun juga melindungi warga Israel dari serangan pada masa depan.

Hamas menuntut dibebaskannya sekitar seribu narapidana Palestina sebagai penukar Gilad Shalit yang telah disandera Hamas selama lebih dari tiga tahun. Sekitar 20 narapidana yang diminta dibebaskan oleh Hamas bertanggungjawab atas pembunuhan terhadap warga Israel. Israel menanggapi usul Hamas dengan mengajukan syarat bahwa ke-20 narapidana itu dideportasi ke Gaza atau ke luar negeri, dan tidak dipulangkan ke Tepi Barat.

XS
SM
MD
LG