Tautan-tautan Akses

Warga Palestina Protes Pembangunan Perintang di Perbatasan Gaza oleh Mesir


Ratusan warga Palestina di Gaza memrotes pembangunan perintang besi yang dilakukan Mesir di sepanjang perbatasan Mesir-Gaza.

Militan Hamas yang memimpin aksi protes hari Senin di Gaza selatan memperingatkan Mesir bahwa membangun perintang di bawah tanah itu akan "mencekik" penduduk Gaza dan akan menimbulkan bencana.

Orang-orang Palestina telah membangun jaringan terowongan di bawah perbatasan Mesir-Gaza untuk menghindari blokade yang dilakukan Mesir dan Israel terhadap wilayah itu. Terowongan-terowongan itu digunakan untuk membawa makanan, bahan bakar dan senjata.

Para saksi mengatakan Mesir baru-baru ini mulai membuat pondasi untuk perintang di bawah tanah di sepanjang perbatasannya dengan Gaza yang tampaknya dimaksudkan untuk memblokir terowongan-terowongan tersebut.

Seorang jurubicara presiden Mesir mengatakan hari Senin pembangunan itu dimaksudkan untuk melindungi perbatasan Mesir dari ancaman keamanan.

Dia membandingkan tindakan Mesir dengan tindakan pemerintah Amerika membangun pagar keamanan di sepanjang perbatasan Amerika-Meksiko untuk memerangi imigrasi ilegal.

XS
SM
MD
LG