Tautan-tautan Akses

Pemimpin Dunia Kawatir KTT Iklim akan Gagal


Para pemimpin dunia menyuarakan kekawatiran bahwa KTT iklim global di Kopenhagen akan menemui kegagalan, dengan mengemukakan dasar perbedaan pandangan yang mendalam antara negara-negara kaya dan miskin mengenai siapa yang seharusnya mengurangi emisi gas karbon dan siapa yang membiayai upaya anti-polusi.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy hari Kamis memperingatkan bencana politik yang di ambang pintu, sementara Gedung Putih mengatakan akan lebih baik untuk meninggalkan KTT Kopenhagen hari Jumat tanpa perjanjian iklim yang baru daripada menandatangani perjanjian yang buruk.

Uni Eropa menghimbau seluruh negara untuk "melangkah ke luar batas fleksibilitas mereka" guna mencapai kesepakatan pada KTT yang disponsori PBB itu.

Lebih dari 100 kepala negara dan pemerintahan, termasuk Presiden Amerika Barack Obama, kini menuju Kopenhagen untuk menghadiri KTT iklim satu-hari pada hari Jumat.

Sebagai upaya untuk mendobrak jalan buntu dalam perundingan, Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton hari Kamis mengatakan Washington akan ikut meluncurkan dana tahunan 100-milyar dolar AS bagi negara-negara miskin untuk melawan perubahan iklim.


XS
SM
MD
LG