Tautan-tautan Akses

Jenderal AS dan Pakistan Bahas Kerjasama Militer


Kepala Pusat Komando Pasukan AS, Jenderal David Petraeus mengadakan pembicaraan dengan panglima angkatan darat Pakistan membahas peningkatan kerjasama militer kedua negara.

Setelah bertemu dengan Jenderal Ashfaq Parvez Kayani di markas besar Angkatan Darat Pakistan, Jenderal Petraeus mengatakan mereka mendiskusikan dampak pengiriman pasukan tambahan Amerika terhadap Pakistan.

Pejabat-pejabat Pakistan khawatir pengerahan pasukan asing di Afghanistan membuat lebih banyak militan menyeberangi perbatasan dan masuk ke Pakistan.

Walaupun pejabat-pejabat Amerika memuji operasi militer Pakistan menumpas Taliban, mereka ingin Pakistan berbuat lebih banyak dalam menumpas Pejuang Taliban dan Al Qaida.

Harian Los Angeles Times hari Senin melaporkan pejabat-pejabat Amerika ingin memperluas wilayah serangan udara pesawat tanpa awak sampai ke luar wilayah kesukuan di sepanjang perbatasan Afganistan. Laporan itu menambahkan Amerika ingin menyerang persembunyian militan di kota Quetta, Barat Daya Pakistan, kota terbesar di propinsi Baluchistan yang bergejolak.

Para pejabat itu sejak lama yakin jajaran pemimpin senior Taliban Afganistan, termasuk Mullah Mohammad Omar yang dicari-cari, bersembunyi di Quetta. Pejabat-pejabat Pakistan menolak tuduhan itu dan mereka terang-terangan menentang serangan pesawat tanpa awak milik Amerika di wilayah-wilayah kesukuan.



XS
SM
MD
LG