Tautan-tautan Akses

Delegasi Konferensi Iklim PBB Lakukan Pertemuan Tidak Resmi


Delegasi ke konferensi iklim 12 hari di Copenhagen hari Minggu melakukan pembicaraan tidak resmi, saat rehat satu hari dari berbagai perundingan untuk menyusun perjanjian baru mengenai perubahan iklim global.

Sementara konferensi memasuki pekan kedua, para analis melaporkan sedikit kemajuan tercapai dalam upaya mengganti Protokol Kyoto yang akan berakhir pada tahun 2012.

Mereka mengatakan konferensi mulai lebih fokus pada hari Jumat, dengan dikeluarkannya rancangan perjanjian yang menguraikan pengurangan gas karbon yang ambisius dalam empat dekade mendatang.

Berdasarkan rancangan tersebut, negara-negara industri akan mengurangi emisi karbon 20 hingga 45% dari kadar tahun 1990 pada dekade mendatang. Negara-negara berkembang besar seperti Tiongkok dan India akan mengurangi emisi mereka 15 hingga 30%. Pengurangan lebih lanjut akan diamanatkan hingga tahun 2050.

Namun rancangan itu tidak merinci dana yang akan dikucurkan negara-negara kaya kepada negara-negara miskin untuk mengatasi dampak pemanasan global.

XS
SM
MD
LG