Tautan-tautan Akses

CIA Batalkan Kontrak dengan Blackwater


Sumber-sumber intelijen Amerika mengatakan, Badan Intelijen Amerika atau CIA telah membatalkan kontrak dengan perusahaan keamanan swasta kontroversial yang mengizinkan perusahaan itu mempersenjatai pesawat tanpa awak untuk menyerang anggota-anggota Al-Qaida dan Taliban di Pakistan.

Sumber-sumber intelijen itu mengatakan Direktur CIA Leon Panetta telah membatalkan kontrak awal tahun ini. Perjanjian tersebut memberikan perusahaan itu, yang sebelumnya dikenal sebagai Blackwater Worldwide, sebuah peran penting terkait program pesawat tanpa awak Predator yang beroperasi di sepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Sumber-sumber itu mengatakan, tugas yang telah dijalankan Blackwater telah dialihkan ke personel pemerintah.

Harian The New York Times pertama kali melaporkan minggu ini bahwa petugas yang bekerja pada perusahaan itu telah berperan dalam serangan diam-diam yang dilakukan CIA untuk menangkap atau membunuh pemberontak di Irak dan Afghanistan.

Laporan itu mengatakan peran Blackwater dalam serangan-serangan itu telah melampaui perjanjian semula yang membatasi perusahaan itu hanya untuk menjaga keamanan petugas-petugas CIA.

XS
SM
MD
LG