Tautan-tautan Akses

Uni Eropa: Yerusalem Harus Jadi Ibukota Bersama Israel-Palestina


Uni Eropa mengatakan Yerusalem harus menjadi ibukota bersama antara Israel dan negara Palestina kelak. Pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa di Brussels hari Selasa mengatakan tidak akan mengakui perubahan apapun terhadap perbatasan setelah perang tahun 1967.

Israel merebut Yerusalem timur dari Yordania dalam perang itu dan menganeksasinya lewat tindakan yang tidak diakui secara internasional. Palestina ingin Yerusalem timur menjadi ibukota mereka kelak.

Namun, pernyataan Uni Eropa hari Selasa tidak mensyaratkan Yerusalem timur yang disengketakan itu harus menjadi ibukota negara Palestina. Israel heboh minggu lalu ketika sebuah harian Israel melaporkan bahwa ada kalimat semacam itu dalam draft pernyataan Uni Eropa.

Pejabat Palestina menyambut baik pernyataan Uni Eropa hari Selasa itu sementara kementerian luar negeri Israel mengatakan para menteri luar negeri Eropa mengabaikan penolakan Palestina untuk kembali ke perundingan perdamaian. Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan perundingan perdamaian tidak bisa dilanjutkan sampai Israel menghentikan pembangunan pemukiman di kawasan pendudukan.

XS
SM
MD
LG