Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Minta Bantuan Sudan Bebaskan Penjaga Perdamaian


Sekjen PBB Ban Ki-moon menelpon Presiden Sudan hari Senin untuk meminta pertolongannya untuk membebaskan dua orang penjaga perdamaian yang ditahan di Darfur.

Seorang jurubicara Ban mengatakan ini adalah pembicaraan telepon pertama antara Sekjen itu dan Presiden Omar al-Bashir sejak Mahkamah Kejahatan Internasional mengeluarkan surat izin penangkapan Bashir atas tuduhan kejahatan perang.

Jurubicara itu mengatakan pembicaraan tersebut dilakukan sama sekali karena alasan kemanusiaan, dan mengemukakan bahwa salah seorang sandra sedang sakit parah.

Seorang priya Nigeria dan perempuan Zimbabwe yang bekerja pada misi penjagaan perdamaian PBB-Uni Afrika ditangkap dengan todongan senjata tanggal 29 Augustus di Darfur Barat. Presiden Sudan memberi jaminan kepada Ban bahwa semua yang mungkin dilakukan sedang dilakukan untuk membebaskan kedua orang tersebut.

Jurubicara Ban mengatakan ia juga meminta Bashir agar mencari dan menyeret ke pengadilan para pelaku serangan terhadap pasukan PBB-Uni Afrika di Darfur hari Jumat dan Sabtu, yang menewaskan 5 penjaga perdamaian dari Rwanda.

XS
SM
MD
LG