Tautan-tautan Akses

PM Thailand dan PM Malaysia Tinjau Provinsi Muslim di Thailand


Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengadakan pertemuan hari Selasa untuk membicarakan kekerasan yang melanda provinsi-provinsi bagian selatan Thailand dekat perbatasan Malaysia.

Kedua pemimpin juga diperkirakan akan membicarakan proyek-proyek bilateral hari Selasa, menjelang kunjungan di provinsi Narathiwat hari Rabu. Narathiwat adalah satu dari 3 provinsi yang mayoritas Muslim di bagian selatan Thailand dimana paling sedikit 3,500 orang telah tewas sejak tahun 2004. Hari Senin di Narathiwat, polisi mengatakan bom meledak di sebuah pasar yang menewaskan dua orang dan mencederai 9 lainnya.

Pihak berwenang mengatakan bom tersebut dipasang pada sepeda motor dan meledak di daerah perbelanjaan yang ramai. Belum ada yang telah mengaku bertanggung jawab atas peledakan itu.

Bangkok menuduh etnik Melayu Muslim di Selatan yang mendalangi serangan itu. Kaum Muslim tersebut mengatakan mereka ingin memisahkan daerah itu dari Thailand yang mayoritasnya penganut Buddha.


XS
SM
MD
LG