Tautan-tautan Akses

Paus Panggil Uskup Irlandia atas Laporan Pelecehan Seksual


Paus Benediktus memanggil dua uskup Irlandia ke Roma untuk membahas laporan yang menuduh sejumlah pejabat gereja secara rutin menutup-nutupi pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh para pastor.

Pernyataan Vatikan hari Senin mengatakan Paus akan bertemu dengan Kardinal Irlandia Sean Brady dan Uskup Agung Dublin Diarmuid Martin untuk membahas dua laporan pemerintah yang dikeluarkan setahun terakhir.

Pernyataan itu merujuk pada "situasi yang menyakitkan" bagi gereja, menyusul laporan komisi pemerintah Dublin yang sangat keras akhir November tentang pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Komisi itu yang memeriksa 320 kasus dugaan pelecehan mengatakan para korban yang menyampaikan keluhan mereka kepada otorita gereja sering ditanggapi dengan "bantahan, keangkuhan dan tindakan menutup-nutupi".

Komisi pemerintah yang lain pada bulan Mei mengatakan anak-anak Irlandia di lembaga-lembaga yang dijalankan gereja Katholik mengalami pelecehan seksual yang brutal selama puluhan tahun dan pejabat-pejabat gereja tidak berbuat banyak untuk menghentikan perbuatan tersebut.



XS
SM
MD
LG