Tautan-tautan Akses

Menhan Gates: AS Tak Punya Informasi Keberadaan Osama bin Laden


Menteri pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan Amerika "sudah bertahun-tahun" tidak punya informasi yang baik tentang di mana Osama bin Laden berada.

Tapi dalam wawancara televisi Minggu pagi, Gates dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, menegaskan pentingnya menangkap atau membunuh pemimpin Al-Qaida tersebut.

Meskipun banyak pejabat militer Amerika yakin bahwa Osama bin Laden bersembunyi di kawasan kesukuan di Pakistan, Pakistan berkeras hal itu tidak betul.

Clinton mengatakan, ia melihat bahwa Pakistan agaknya telah berubah sikap tentang terrorisme dan kini menganggap kelompok-kelompok militan sebagai ancaman bagi kelangsungan hidup Pakistan.

Kedua pejabat itu juga membela keputusan Presiden Obama untuk mengirim 30.000 pasukan tambahan ke Afghanistan, dan akan mulai menarik pasukan dari negeri itu kira-kira satu setengah tahun kemudian.

Tapi Menteri Pertahanan Gates dan Menlu Clinton mengatakan tanggal penarikan itu pun belum pasti, tergantung dari keadaan di Afghanistan. Pejabat Amerika dan Afghanistan juga menekankan pentingnya mengadakan perundingan damai dengan faksi-faksi taliban yang bersedia menghentikan kekerasan dan ikut dalam proses politik.


XS
SM
MD
LG