Tautan-tautan Akses

Filipina Tangkap 60 Tersangka Pembantaian Massal


Tentara Filipina telah menangkap lebih dari 60 orang yang dicurigai terlibat dalam pembantaian massal yang berkaitan dengan politik di propinsi Maguindanao di bagian selatan.

Penangkapan tersangka itu dilakukan setelah Presiden Gloria Arroyo mengumumkan keadaan darurat dan menangguhkan hak-hak sipil di kawasan itu. Ribuan tentara dikerahkan untuk menguasai Maguindanao dan menumpas keluarga Ampatuan yang berkuasa di sana. Keluarga itu dituduh merencanakan pembantaian 57 orang bulan lalu karena dianggap sebagai lawan-lawan politiknya dalam pemilihan umum.

Kata pejabat militer, tentara menemukan timbunan besar senjata dan amunisi hari Minggu di sebuah rumah milik keluarga Ampatuan.

Pemerintah Filipina khawatir kelompok Ampatuan sedang merencanakan pemberontakan sebagai jawaban atas tindakan keras yang sedang dijalankan tentara.

Kemarin, tentara menangkap Andal Ampatuan Senior dan putranya, di rumah mereka di Maguindanao. Putra Ampatuan lainnya sudah ditangkap sebelumnya atas tuduhan terlibat pembantaian massal itu.

Keluarga Ampatuan telah berkuasa di Maguindanao sejak lebih dari satu dasawarsa.



XS
SM
MD
LG