Tautan-tautan Akses

Kelompok Islamis Somalia Bantah Berperan dalam Serangan Bunuh Diri


Kelompok Islamis Somalia al-Shabab membantah terlibat dalam pemboman bunuh diri di Mogadishu hari Kamis yang menewaskan paling sedikit 22 orang, termasuk tiga orang menteri.

Juru bicara kelompok itu menuduh pemerintahan transisi Somalia mendalangi pemboman itu, dengan mengatakan dia yakin serangan maut itu berhubungan dengan konflik di dalam pemerintahan sendiri.

Para pejabat Somalia menuduh kelompok pemberontak itu terlibat dalam serangan bunuh diri yang terjadi pada saat upacara wisuda universitas di Hotel Shamo hari Kamis. Si penyerang menyamar sebagai seorang perempuan dengan mengenakan pakaian yang disebut abaya.

Ruangan itu penuh dengan mahasiswa kedokteran dari Universitas Banadir yang menunggu untuk menerima ijazah mereka, serta sanak saudara mereka dan para pejabat.

Di antara yang tewas dalam ledakan itu adalah menteri kesehatan, menteri pendidikan dan menteri perguruan tinggi. Menteri olah raga termasuk di antara yang luka berat. Presiden Somalia Sheikh Sharif Sheikh Ahmed mengatakan serangan itu adalah tragedi nasional.

XS
SM
MD
LG