Tautan-tautan Akses

Pakistan, PBB Komentari Strategi Baru AS di Afghanistan


Seorang anggota parlemen Afghanistan mempertanyakan mengapa Presiden Barack Obama akan mengumumkan strategi baru Amerika untuk Afghanistan malam ini.

Anggota parlemen Daud Sultanzoi mengatakan, ia terkejut Presiden Obama akan memaparkan strateginya sebelum pemerintahan baru presiden Afghanistan terbentuk. Karzai dilantik untuk masa jabatan kedua pada bulan November.

Sultanzoi mengatakan akan sulit bagi Amerika untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah Afghanistan nantinya karena pemerintahan tersebut secara teknis belum terbentuk. Ia memberi komentar hari Selasa sebelum Presiden Obama menjelaskan strategi barunya.

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi mengatakan Amerika harus berada di negara tetangga Afghanistan itu sekurangnya lima tahun lagi. Dalam komentarnya hari Selasa, ia mengatakan Amerika jangan berhenti hingga misinya di negara itu selesai.

Pejabat tinggi PBB di Afghanistan mendesak pasukan koalisi untuk mempertimbangkan sebuah “strategi peralihan” dan bukannya “strategi untuk keluar” dari negara itu.

XS
SM
MD
LG