Tautan-tautan Akses

Upaya Anwar Ibrahim untuk Batalkan Tuduhan Sodomi Gagal


Pengadilan Malaysia telah menolak upaya pemimpin oposisi Anwar Ibrahim untuk menghentikan peradilan atas dirinya dengan tuduhan melakukan sodomi, sebelum peradilan tersebut dimulai.

Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur mengumumkan putusannya menolak permintaan itu hari Selasa dan menetapkan peradilan akan dilakukan tanggal 25 Januari.

Anwar mengatakan dia tidak heran dengan putusan pengadilan tersebut, dan dia mengatakan bahwa pengadilan itu terus mengabaikan bukti medis yang membantah tuduhan tersebut.

Agustus lalu, Anwar dituduh melakukan sodomi terhadap mantan pembantu laki-lakinya. Anwar telah berusaha agar tuduhan tersebut dicabut, dengan mengatakan bahwa pemeriksaan medis tidak memperlihatkan adanya tanda-tanda terjadinya tindakan sodomi.

Anwar yang berusia 62 tahun itu berpendapat bahwa peradilan tersebut adalah bagian konspirasi pemerintah untuk merongrong persekutuan oposisi tiga partainya.

Usaha Anwar untuk mempersatukan oposisi Malaysia memberikan tantangan nyata pertama kepada pemerintah yang telah berkuasa di negara itu selama lebih lima puluh tahun.

Pengacara Anwar mengatakan tim pembela akan mengajukan banding atas putusan pengadilan itu.

XS
SM
MD
LG