Tautan-tautan Akses

Obama akan Sampaikan Strategi Final AS di Afghanistan


Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama telah menyampaikan strategi Amerika di Afghanistan kepada para pembantu dan komandan utamanya dan mengeluarkan perintah untuk dilaksanakan.

Presiden Obama akan menjelaskan strategi tersebut pada pidato nasional hari Selasa besok malam. Ia diduga akan mengumumkan pengiriman 30 ribu pasukan tambahan untuk memerangi kelompok ekstremis Afghanistan.

Jurubicara Gedung Putih Robert Gibbs hari Senin mengatakan Obama melihat situasi di Afghanistan sebagai "tantangan internasional bersama " dan telah berkonsultasi erat dengan sejumlah pemimpin negara sekutu, termasuk presiden Perancis dan Rusia serta Perdana Menteri Australia dan Inggris. Obama juga akan berbicara dengan presiden Afghanistan Hamid Karzai dan presiden Pakistan Asif Ali Zardari sebelum berpidato.

Tambah Gibbs, dalam pidatonya, Obama juga akan membahas sejumlah standar yang harus dicapai pemerintah Afghanistan dan perbaikan kerjasama dengan Pakistan untuk menumpas ekstremisme. Presiden mungkin juga menjelaskan keterbatasan sumber daya Amerika dan mengatakan komitmen Amerika di Afganistan ada batasnya dan tujuannya adalah melatih pasukan Afghanistan agar mampu mengamankan negaranya.


XS
SM
MD
LG