Tautan-tautan Akses

IAEA Putuskan untuk Kenakan Sanksi Terhadap Iran


Badan Tenaga Nuklir PBB [IAEA] Jumat memutuskan untuk mengenakan sanksi terhadap Iran karena kegiatan nuklirnya. Iran dicurigai oleh banyak negara di komunitas internasional bahwa Iran sedang berusaha membuat senjata atom.

Departemen Luar Negeri Iran menolak langkah itu dan menyebutnya sebagai tindakan yang "tidak bermanfaat " karena hanya untuk menekan Iran.

35 anggauta IAEA menyetujui resolusi di Wina, yang menetapkan bahwa Iran harus menghentikan pengolahan uraniumnya. Resolusi itu juga mendesak Iran agar menghentikan pembangunan pusat pengolahan uranium yang baru-baru ini diumumkan, dan supaya mengukuhkan bahwa Iran tidak memiliki kegiatan nuklir lainnya yang tersembunyi.

Pemungutan suara Jumat itu siknifikan karena Rusia dan Tiongkok adalah di antara ke-25 negara yang mendukung resolusi tersebut. Kedua negara itu telah lama lebih enggan daripada Amerika dan Eropa untuk mengenakan sanksi terhadap Iran karena mengolah uraniumnya.

ElBaradei menyatakan kecewa bahwa Iran sejauh ini menolak usul pertama dan usul-usul alternatif, yang keduanya tidak memihak dan adil dan akan sangat membantu menghilangkan kekhawatiran mengenai program nuklir Iran.

Utusan Iran untuk IAEA, Ali Asghar Soltanieh, mengatakan, resolusi itu membahayakan suasana kerjasama yang diperlukan untuk mengadakan pembicaraan yang produktif mengenai program nuklir Iran.


XS
SM
MD
LG