Tautan-tautan Akses

Korsel dan Korut Jajaki Cara Tingkatkan Kompleks Industri


Korea Selatan telah mengumumkan negara itu dan Korea Utara akan mengirim tim survei bersama ke Tiongkok dan Vietnam untuk menjajaki cara meningkatkan kompleks industri bersama mereka.

Seorang pejabat dari Kementerian Penyatuan Korea di Seoul mengatakan hari Kamis bahwa kunjungan itu akan diadakan bulan Desember dan mengatakan rinciannya belum dirundingkan. Korea Utara dan Selatan mempunyai investasi patungan di kompleks industri Kaesong, Korea Utara, tidak jauh dari perbatasan Korea Selatan.

Pengumuman itu dipandang sebagai peredaan dalam ketegangan belakangan ini antara kedua negara.

Hari Rabu, Korea Utara mengecam Korea Selatan karena tidak mengindahkan tawarannya untuk melanjutkan pariwisata lintas perbatasan, yang telah dihentikan setelah seorang wisatawan Korea Selatan ditembak mati di Utara.

Badan pemerintah Korea Utara yang mengurus pertukaran antar-Korea menuduh Korea Selatan menunjukkan sikap yang sangat tidak jujur terhadap usaha jujur Pyongyang untuk melanjutkan pariwisata ke Gunung Kumgang. Seoul menghentikan pariwisata itu bulan Juli tahun 2008 setelah seorang wisatawan Korea Selatan ditembak mati oleh tentara Korea Utara. Wisatawan tersebut jalan-jalan ke kawasan pantai yang terlarang dan dikawal militer Korea Utara dekat tempat wisata pegunungan itu.

Pariwisata adalah sumber devisa yang penting bagi Korea Utara yang miskin itu.

Pihak berwenang Korea Selatan kurang menanggapi tawaran Pyongyang untuk melanjutkan pariwisata tersebut, dengan alasan tawaran itu disampaikan melalui saluran niaga bukan saluran komunikasi resmi antar-Korea.


XS
SM
MD
LG