Tautan-tautan Akses

PM India Melawat US


Perdana Menteri India Manmohan Singh berada di Amerika dalam lawatan empat hari untuk membahas perang di Afganistan, ekstimisme di Pakistan dan mendorong kerjasama nuklir antara Amerika dan India untuk tujuan damai.

Perdana Menteri Sigh hari Senin berpidato di hadapan sejumlah pemimpin bisnis di Kamar Dagang Amerika. Ia mengatakan India dan Amerika sedang merampungkan rincian yang membuat perjanjian kerjasama nuklir sipil mereka " benar-benar operasional".

Presiden Barack Obama akan menerima Perdana Menteri Sigh di Gedung Putih hari Selasa. Ini adalah kunjungan kenegaraan pertama sejak Obama menjadi presiden.

Kedua pemimpin itu diperkirakan akan membahas keprihatinan India tentang perang di Afghanistan dapat mengacaukan Pakistan, tetangga India.

Singh mengatakan ia akan meminta pemerintah Obama untuk menekan Pakistan berbuat lebih banyak mengendalikan kelompok Islam ekstrimis.

Perdana Menteri India itu juga berharap bisa membujuk para pemimpin Amerika untuk mengizinkan alih teknologi nuklir non militer dan kerjasama yang lebih luas dalam mencari pemecahan bagi energi ramah lingkungan.

XS
SM
MD
LG