Tautan-tautan Akses

Iran Tidak Menentang Pengiriman Uranium ke Luar Iran


Iran mengatakan negara itu tidak menentang pengiriman uranium kadar rendahnya ke luar Iran untuk pengolahan lebih lanjut asalkan pihaknya menerima bahan bakar yang diperlukan untuk reaktor risetnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ramin Mehmanparast mengatakan pada jumpa pers hari Selasa bahwa Teheran menginginkan jaminan 100 persen bahwa negara itu akan menerima bahan bakar nuklir tersebut.

Iran dan para pejabat dari enam negara kuat di dunia sebegitu jauh tidak berhasil mencapai kesepakatan mengenai persetujuan bahan bakar nuklir yang diusulkan PBB yang dimaksudkan untuk menghapuskan kekhawatiran Barat mengenai program nuklir Teheran.

Berdasarkan rencana tersebut, yang dirancang bulan lalu, Iran akan mengirim lebih dari 70 persen uranium kadar rendahnya ke Rusia dan Perancis, dimana uranium tersebut akan diubah menjadi bahan bakar untuk reaktor riset medis Teheran.

Kementerian luar negeri itu sebelumnya menolak usulan itu dengan mengatakan pihaknya hanya akan mempertimbangkan pertukaran uranium dengan bahan bakar di dalam Iran.


XS
SM
MD
LG