Tautan-tautan Akses

Thailand Berlakukan UU Keamanan Keras Jelang Demonstrasi


Kabinet Thailand menyetujui penggunaan undang-undang keamanan yang keras di seluruh ibukota Bangkok dari tanggal 28 November hingga tanggal 14 Desember untuk mengendalikan demonstrasi di jalan-jalan oleh para pendukung mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra yang hidup di pengasingan.

Undang-undang Keamanan Dalam Negeri memungkinkan tentara memberlakukan jam malam, mengoperasikan pos-pos pemeriksaan, membatasi pergerakan para demonstran dan bertindak dengan cepat jika demonstrasi oleh Front Bersatu untuk Demokrasi melawan Kediktatoran berubah menjadi aksi kekerasan.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan hari Selasa bahwa pemerintah meminta penggunaan undang-undang tersebut karena pemerintah khawatir demonstrasi itu akan terpecah menjadi kelompok-kelompok berbeda dan menyebar ke seluruh kota itu.

Keprihatinan akan keamanan juga telah meningkat disebabkan rencana kunjungan Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva ke daerah Chiang Mai, Thailand utara, kota asal Thaksin, untuk menghadiri pertemuan bisnis hari Minggu, tetapi keputusan belum dibuat untuk memberlakukan undang-undang itu disana.

XS
SM
MD
LG