Tautan-tautan Akses

AS Kirim Utusan ke Korut 8 Desember


Amerika Serikat mengatakan utusan Stephen Bosworth akan berkunjung ke Pyongyang tanggal 8 Desember dengan sasaran melanjutkan pembicaraan 6-pihak mengenai program nuklir Korea Utara.

Presiden Amerika Barack Obama mengumumkan tanggal kunjungan Bosworth itu hari Kamis, sebelum berangkat dari Seoul pada akhir perlawatan pertamanya ke Asia sejak menjadi presiden.

Presiden Obama dan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak mengatakan kesabaran mereka sudah hampir habis terhadap Korea Utara. Tetapi, mereka berjanji untuk membantu ekonomi Pyongyang kalau Korea Utara menghentikan program senjata nuklirnya.

Kemudian pada hari itu, seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Bosworth akan pergi ke Pyongyang hanya untuk membicarakan perundingan 6 negara, dan hal-hal lain dapat ditangani kelompok-kelompok kerja setelah Korea Utara kembali ke perundingan.

Bosworth akan memulai kunjungannya ke Korea Utara, lalu pergi ke Tiongkok, Jepang, Korea Selatan dan Rusia untuk memberi keterangan kepada mitra-mitra Washington dalam pembicartaan itu.


XS
SM
MD
LG