Tautan-tautan Akses

Birma Termasuk Negara Terkorup di Dunia 


Sebuah kelompok anti korupsi internasional mengatakan Birma yang dikuasai militer adalah negara terkorup ketiga di dunia.

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Transparency International hari Selasa, menempatkan Birma dalam kategori yang sama dengan Somalia dan Afghanistan, negara-negara yang oleh kelompok pemantau itu disebut “rentan dan tidak stabil”. (Kelompok itu menyebut Somalia sebagai negara yang paling korup di dunia dan Afghanistan di tempat kedua).

Transparency International mengatakan krisis keuangan global dan perubahan politik di seluruh Asia pada tahun 2008, menunjukkan kelemahan-kelemahan yang memicu peringkat korupsi di banyak negara.

Kamboja, Laos, Timor Timur dan Vietnam bersaing di peringkat paling bawah pada daftar 180 negara itu.

Meski demikian Transparency International mencatat beberapa perbaikan. Kelompok itu mengatakan Indonesia masih perlu melakukan banyak hal untuk membasmi korupsi, namun dikatakan komisi anti korupsi Indonesia telah berhasil menghukum para pejabat tinggi.

Kelompok itu juga memuji upaya Tiongkok untuk mengadili para pejabat dan menteri-menteri yang korup meskipun indeks korupsi negara itu masih buruk.

XS
SM
MD
LG