Tautan-tautan Akses

Obama Janjikan Kerjasama dengan Tiongkok


Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah menjanjikan kerjasama dengan Tiongkok dan dialog yang lebih intensif antara AS dengan Asia. Ini ia sampaikan dalam pidato utamanya di Tokyo hari Sabtu.

Presiden Obama mengatakan AS tidak berusaha membendung Tiongkok dan menyambut baik usahanya untuk memainkan peran yang lebih besar di gelanggang dunia.

Namun, ia mengatakan Amerika Serikat tidak akan pernah ragu-ragu membela nilai-nilai yang dijunjungnya dan mengatakan pembicaraan mengenai HAM dapat diadakan dalam semangat persahabatan.

Dengan mengemukakan masa kecilnya di Indonesia, Presiden Obama menekankan hubungan Amerika dengan Asia sementara melakukan kunjungan pertamanya ke kawasan itu sejak menjadi presiden. Ia mengatakan dukungan Washington pada keamanan Asia tidak tergoyahkan.

Dalam pidatonya itu, Presiden Obama juga berbicara mengenai penyebaran nuklir, perubahan iklim, dan resesi ekonomi global. Ia mendesak Korea Utara agar kembali ke pembicaraan internasional mengenai program nuklirnya, dengan mengatakan Amerika Serikat tidak akan tunduk oleh ancaman.

XS
SM
MD
LG