Tautan-tautan Akses

Obama Berangkat Hari Ini dalam Lawatan Pertama ke Asia


Presiden Amerika Serikat Barack Obama berangkat hari ini dalam perlawatannya yang pertama ke Asia, dengan ekonomi dan defisit perdagangan yang meluas dengan Tiongkok menduduki tempat utama dalam agendanya.

Gedung Putih mengatakan presiden akan mengeluarkan pernyataan mengenai penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi sebelum menaiki pesawat kepresidenan Air Force One.

Perlawatan sembilan hari Obama akan dimulai di Tokyo, Jepang dan termasuk persinggahan di Singapura untuk menghadiri pertemuan puncak Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik. Persinggahan tersebut akan disusul oleh kunjungan ke Shanghai, Beijing dan Seoul.

Obama telah mengatakan ketika dia mengunjungi Tiongkok, dia akan berbicara dengan pihak Tiongkok mengenai nilai mata uang mereka, dan juga mendorong konsumen Tiongkok agar membelanjakan uang mereka lebih banyak. Dia juga akan berbicara dengan Tiongkok mengenai pembukaan lebih jauh pasarnya untuk barang-barang Amerika.

Presiden Obama mengatakan perubahan iklim dan hak asasi juga akan menjadi pokok pembicaraan dalam kunjungannya di Tiongkok.

XS
SM
MD
LG