Tautan-tautan Akses

Partai Republik Menangkan Dua Pemilihan Gubernur di AS


Para pemimpin partai Republik dan Demokrat di Amerika berbeda pendapat mengenai dampak dari pemilu hari Selasa kemarin, dimana partai Republik meraih kemenangan dalam 2 pemilihan gubernur di dua negara bagian.

Ketua Komite Nasional Republik Michael Steele mengatakan “pahlawan sejati” dalam pencoblosan hari Selasa adalah mereka yang bertindak melawan apa yang disebutnya sebagai “pemerintah yang sangat sombong di Washington”. Dalam jumpa pers hari Rabu, Steele mengatakan “kebangkitan kembali” partai Republik sudah mulai.

Kandidat partai Republik memenangkan pemilihan gubernur di negara bagian Virginia dan New Jersey. Beberapa pengamat politik mengatakan pemilihan di 2 negara bagian berpenduduk padat itu menandakan pergerakan dalam kecenderungan para pemilih yang menjauh dari kandidat partai Demokrat menuju Republik.

Meskipun demikian, juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan pemilihan gubernur itu menunjukkan para pemilih mencoblos untuk menyelesaikan “isu-isu lokal” yang tidak melibatkan Presiden Obama.

XS
SM
MD
LG