Tautan-tautan Akses

Karzai Berbicara sebagai Presiden Afghanistan yang Terpilih Kembali


Presiden Afghanistan yang baru terpilih kembali, Hamid Karzai, bertekad bahwa pemerintahannya akan menjadi "cermin Afghanistan" yang akan mencerminkan seluruh masyarakat Afghanistan.

Karzai mengatakan dalam pidato kemenangannya hari Selasa bahwa pemenang sesungguhnya pemilihan presiden Afghanistan bukan hanya satu orang, tetapi seluruh rakyat Afghanistan yang ikut serta dalam proses pemilihan.

Komisi Pemilihan Independen Afghanistan menyatakan Karzai pemenang hari Senin, sehari setelah saingannya, mantan Menteri Luar Negeri Abdullah Abdullah, mengundurkan diri dari pemilihan babak kedua yang dijadwalkan akan diadakan tanggal 7 November. Abdullah mengatakan dia mengundurkan diri disebabkan keprihatinan mengenai penipuan dalam pemilihan babak pertama bulan Agustus.

Presiden Amerika Barack Obama telah menyampaikan ucapan selamat kepada Karzai atas kemenangan pemilunya dan mendesaknya agar membuka babak baru dalam sejarah Afghanistan.

Dalam pembicaraan telepon hari Senin, Presiden Obama juga mengatakan sudah waktunya bagi pemerintahan yang lebih baik, usaha yang jauh lebih sungguh-sungguh untuk memberantas korupsi, dan mempercepat latihan pasukan keamanan supaya rakyat Afghanistan dapat menyediakan keamanan mereka sendiri.

XS
SM
MD
LG